Kamis, 15 Mei 2008



ADIWIYATA CERMIN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN


Oleh : Mahfud

Guru Biologi SMP YPPI – 2 Surabaya

1. Rasional

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk suatu negara, maka semakin banyak pula Sumber Daya Alam (SDA) yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Bila hal ini berlangsung terus menerus dari generasi ke generasi, maka suatu saat nanti daya dukung lingkungan untuk mencukupi kebutuhan SDA di atas tidak akanmencukupi dan akhirnya akan mengancam kehidupan manusia itu sendiri. Menyadari akan pentingnya hal tersebut, maka Pemerintah Kota Surabaya melalui Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Surabaya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengadakan kegiatan Penyuluhan Lingkungan Hidup kepada guru dan siswa di lingkungan kota Surabaya mulai tingkat SD, SMP, dan SMA atau yang sederajat baik negeri maupun swasta yang berlangsung untuk guru pada tanggal 24 – 25 Pebruari 2007 dan untuk siswa pada tanggal 7 – 8 Juli 2007. Kegiatan penyuluhan tersebut diadakan di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH), Seloliman, Trawas, Mojokerto yang sebelumnya para wakil peserta dari masing –masingsekolah tersebut diajak berkunjung dan berdialog langsung dengan sekolah yang telah peduli dan berbudaya lingkungan.Dengan adanya kegiatan di atas diharapkan baik guru maupun siswa yang telah mengikuti kegiatan tersebut dapat menjadi motivator di lingkungan sekolahnya masing-masing sehingga ke depan sekolah tersebut akan menjadi “ Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan “ atau sekolah tersebut telah mengikuti program Adiwiyata.

2. Adiwiyata

Adiwiyata berasal dari 2 kata dalam bahasa Sansekerta, yaitu “ADI” dan “WIYATA”. Adi bermakna besar, agung, baik, ideal atau sempurna sedang Wiyata, berarti tempat seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, etika dalam kehidupan sosial.Jadi bila 2 kata tersebut digabung makna Adiwiyata adalah tempat yang baik dan ideal untuk memperoleh ilmu pengetahuan, norma, dan etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju cita – cita pembangunan yang berkelanjutan (www.menlh.go.id, 12 Juli 2007). Tujuan Program Adiwiyata ini adalah untuk menciptakan kondisi yang ideal bagi sekolah sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, siswa ) sehingga nantinya sekolah tersebut dapat bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.Sedang kegiatan utama program Adiwiyata ini adalah mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (SPBL).Disamping itu, program ini juga mengembangkan norma dasar, antara lain : Kebersamaan, Keterbukaan, Kesetaraan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Lingkungan Hidup.Sementara itu, prinsip dasar program Adiyiwata ini ada 2, yaitu : Pertama, Partisipatif, artinya setiap kegiatan harus melibatkan seluruh warga sekolah mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai,evaluasi sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing – masing.Kedua, Berkelanjutan, artinya seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus. Khusus bagi sekolah yang telah mengikuti program Adiwiyata ini mempunyai beberapa keuntungan, antara lain : meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber dana dan daya, meningkatkan suasana belajar lebih nyaman (confortable) dan lebih kondusif, meningkatkan kebersamaan semua warga sekolah (siswa, guru dan karyawan), menumbuhsuburkan nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup, menghindari adanya dampak negatif dari lingkungan, serta mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari Menteri Lingkungan Hidup (Johny P. Kusumo, 2007 : 5).

3. Kriteria Penilaian

Menurut kepala Badan Penanggulangan Lingkungan Hidup (BPLH) Pemerintah Kota Surabaya, Togar Silaban, ada 4 kriteria penilaian sekolah yang berhak mendapat penghargaan Adiwiyata, yaitu : pertama, pengembangan kebijakan sekolah (40 %), kedua, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan (30%), ketiga, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif (20%), keempat, pengembangan sarana pendukung sekolah (10 %) (www.surabaya.go.id, 26 Maret 2007). Selanjutnya masing-masing kriteria dijabarkan, misalnya untuk pengembangan kebijakan sekolah yang diperlukan, antara lain : punya visi dan misi sekolah yang terkait dengan aspek lingkungan hidup, telah ada materi lingkungan hidup dalam pembelajaran di sekolah, telah ditunjuk petugas khusus dibidang lingkungan hidup bagi sekolah tersebut, ada penghematan dalam menggunakan Sumber Daya Alam (air, listrik, ATK), telah ada upaya sekolah dalam mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, adanya pengalokasian dana bagi sekolah untuk kegiatan lingkungan hidup.Kemudian untuk pengembangan kurikulum berbasis lingkungan yang diperlukan antara lain : adanya pengembangan model pembelajaran lingkungan hidup lintas mata pelajaran,adanya penambahan materi lingkungan hidup yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat misalnya,dampak negatif lumpur Lapindo,adanya penambahan materi lingkungan hidup yang berkaitan dengan budaya masyarakat, adanya kegiatan kurikuler sekolah yang berupa aksi nyata yang bertema lingkungan hidup, adanya pengembangan materi lingkungan hidup yang berkaitan dengan isu global.Sedang untuk pengembangan kegiatan berbasis partisipatif yang diperlukan antara lain : adanya kegiatan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan lingkungan hidup sekolah, adanya kegiatan lingkungan hidup yang diprakarsai sekolah telah melibatkan masyarakat sekitar, adanya keikutsertaan sekolah pada kegiatan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh pihak luar, misalnya kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh BPLK, adanya kerjasama sekolah dengan pihak luar dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup.Selanjutnya, untuk pengembangan sarana pendukung sekolah yang diperlukan, antara lain : adanya pemanfaatan sarana pendukung sekolah sebagai media pembelajaran lingkungan hidup, adanya pengelolaan sarana pendukung dan fasilitas sekolah yang ramah lingkungan, adanya upaya pengelolaan fasilitas sanitasi dalam menunjang kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, adanya upaya penghematan Sumber Daya Alam (SDA), misalnya dalam pemakaian air, listrik, alat tulis kantor, adanya upaya peningkatan pelayanan kantin sekolah dalam menunjang pengelolaan lingkungan sekolah yang sehat, dan adanya upaya pengelolaan sampah dalam menunjang kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.

4. Penutup

Dengan mencermati uraian di atas maka untuk menjadi Sekolah Peduli dan Berbasis Lingkungan kita dapat mengacu pada kriteria penilaian serta penggerak utamanya adalah wakil siswa dan guru yang telah mengikuti penyuluhan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Lingkungan Hidup yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya sehingga ke depan diharapkan Surabaya bukan saja menerima Adipura, namun juga banyak sekolah di Surabaya yang mendapat penghargaan Adiwiyata. Semoga. (mahfudyppi@yahoo.com)



27 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Karangan pak mahfud sangat bagus.karena mengandung makna tentang globlal warning.selain itu dapat menyadarkan masyarakat Surabaya atas pentingnya kota kita dan mengajarkan peduli lingkungan hidup.tetapi gambarnnya pak mahfud kurang mendukung tentang artikel yang pak mahfud buat sekian dan terima kasih.

William octavianus/7D/26.

Dragon mengatakan...

Pak Mahfud karangannya sangat bagus krn banyak sekali ilmu yg ada di artikel Pak Mahfud tp kalau bisa tulisannya diwarnain supaya lbh bagus

Kevin.S/7D/13

fire mengatakan...

Pak Mahfud artikelnya sgt bagus saya banyak belajar dr artikel tersebut kalau bs gambarnya sedikit dirubah

I.David/7D/10

windy mengatakan...

Website Mr. Mahfud sangatlah bagus. selain berisi himbauan untuk mengajak murid belajar biologi secara teori, namun juga mengajak kita semua untuk menerapkan kehidupan biologi yang baik dan benar. Semua ini demi kelangsungan kehidupan di bumi yang kita cintai ini. Terima kasih.

Windy Widodo
7C/25
SMP YPPI 2

adrian djaja mengatakan...

pak sangat bagus artikelnya...
he3
tapi kalau lebih baik di beri gambarnya...
terimakasih..




adrian djaja 7c 1

Shadow mengatakan...

pak bagus sekali artikel nya
pakai gambar dunk pak
pinter nih bisa2

Yudi mengatakan...

Karangan pak mahfud sangat bagus.karena mengandung makna tentang globlal warning.
pokoknya bgs PAK!!!

wkwkwkwk....


Chendra Maryudi
7B 4

Lisa mengatakan...

Website & karangan2 pak Mafud sangat bgs dr karangan2 tersebeut kita dpt bljr dgn pengetahuan baru


Lisa Laurencia
7B 20

Kevin Fernando H.W mengatakan...

Pak, Buah tangan bapak sangat bagus banget.Setlah saya baca dengan teliti dan jelas ternyata banyak terkandung ilmu ilmu penting.

Kevin Fernando H.W mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kevin Fernando H.W mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sucahyadi yulianto 7d/20 mengatakan...

pak stlh saya membaca tulisannya bapak yg berjudul jembatan keledai dan main mapping sangat bagus dan itu bisa menambah ilmu bagi saya / orang lain

Felicia mengatakan...

artikel pak mahfud sangat bagus.
cuma kurang gambarnya.
jadi saya agak bingung...


Felicia/7C/10

Anonim mengatakan...

Menurut saya, artikel Pak Mahfud sangat bagus..
Semoga artikel bapak bisa bermanfaat bagi orang yang membacanya..
Terima kasih..^^

Anonim mengatakan...

Artikel tersebut isinya bagus dan juga sangat bermakna,namun terlalu banyak sehigga terasa rumit untuk membaca..
Agar lebih terlihat menarik sebaiknya di beri gambar lebih banyak atas penjelasan2 tersebut sehingga kita lebih mengerti lagi dan juga beri warna pada tulisan agar terlihat menarik....


Sekian komentar dari saya....


Nama:Christina Angelica Halim
Kelas/No.:VII D/6

Anonim mengatakan...

Artikel tersebut isinya bagus dan juga sangat bermakna,namun terlalu banyak sehigga terasa rumit untuk membaca..
Agar lebih terlihat menarik sebaiknya di beri gambar lebih banyak atas penjelasan2 tersebut sehingga kita lebih mengerti lagi dan juga beri warna pada tulisan agar terlihat menarik....


Sekian komentar dari saya....


Nama:Christina Angelica Halim
Kelas/No.:VII D/6

julhan mengatakan...

pak mahfud karangannya sudah sangat bagus tapi perlu juga di tingkatkan kembali supaya lebih bagus atau sempurna sekian terima kasih.

Novy mengatakan...

dari komentar saya ini,saya ingin mengatakan bahwa blog yang bapak buat sangatlah bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya banyak sekali hal-hal yang kita anggap sepele ternyata sangatlah penting. dari blog ini saya merasa Bapak mempunyai ide untuk menyampaikan informasi penting seputar kehidupan sehari-hari dan sangatlah lengkap. Maaf terlalu banyak komen di satu artikel karena saya sangat senang membaca artikel yang Bapak buat. terima kasih^~^

Anonim mengatakan...

Pak Mahfud....

Saya salut dengan bapak karena meskipun bapak guru biologi tetapi mengerti tentang hal-hal selain biologi dan sains. Kalau saya perhatikan karangan bapak sangat bagus karena karangan bapak berisi tentang pengetahuan yang bermanfaat untuk siswa-siswi di SMP YPPI 2 serta semua orang yang membacanya . Tetapi kalau tidak keberatan akan lebih menarik jika diberi gambar untuk menjelaskan pokok bahasannya sehingga lebih menarik juga untuk dilihat dan dibaca. Saya berharap kepada Bapak Mahfud supaya tidak berhenti sampai disini untuk mengembangkan web ini karena mungkin masih banyak orang yang belum mengerti keberadaan web ini.

Sekian Terima Kasih...

Nama : Sylvia Yuanita
Kelas : 7b
No urut: 23

Anonim mengatakan...

Blog-nya bapak sangat bagus...
he3...
artikelnya...
gambarnya keren pak!!
Hanya saja Pasanmg foto kelas 7 yang tahun 2008/2009 dong pak...
haha....
Terima kasih...
Keep smiling

Priscillia.Gratia.Yonathan/7a/18

alvin mengatakan...

pak........ setelah saya ramal dan terawang, ternyata blog bapak 100% top markotop dan sangat berguna sekali bagi orang banyak

Anonim mengatakan...

wah, bpk mahfud artikelnya bagus, menarik dan amat bermanfaat! semoga semua orang bisa tertarik utk membcanya. natasha azalia, 7D/22

Anonim mengatakan...

bagus isinya tambah gambar

fefe mengatakan...

pak..... gila! keren n bagus bgt looo web-sitenya..... moga" anak ppi tambah pinter dgn ini!

Kevin Fernando mengatakan...

Pak artikelnya tambah keren pak.......
Hanya bahasa inggrisnya dicampur dengan bahasa indonesia jadi aneh pak........

T.T

Anonim mengatakan...

Artikel-artikel yg bpk buat..sgtlah bgs...saya sgt suka...menarik sekali
Tetapi saya setuju dengan william..kurang gambarnya...
sehingga terkadang membuat saya pusing dengan tulisannya....
sekian=)
ThankS...

Nama:P.Gratia
Kelas:7A
No:18