Jumat, 20 Februari 2009

NGEBLOG, MENGAJAR TANPA BATAS RUANG DAN WAKTU


“NGEBLOG”, MENGAJAR TAK TERBATAS RUANG, WAKTU DAN TEMPAT

Oleh : Mahfud

Guru Biologi SMP YPPI – 2 Surabaya

Contextual Teaching and Learning (CTL) is a system instruction based on the philosophy that students learn when they see meaning in academic material and the meaning in schoolwork when they can connect new information with prior knowledge and their own experience. Begitu menurut Elaine B. Johnson (2002).

Mencermati pengertian CTL di atas, maka siswa akan belajar dengan sungguh-sungguh manakala materi pelajaran yang kita ajarkan benar-benar bermanfaat secara langsung bagi kehidupan mereka sehari-hari. Salah satu contoh aplikasi metode CTL ini adalah dengan membuat blog di internet sesuai dengan mata pelajaran masing-masing.Masalah yang muncul kemudian adalah, bagaimana cara membuat blog di internet dan menggunakannya untuk tujuan mengajar? Tulisan ini akan mencoba membahas masalah di atas beserta keuntungan dan kerugiannya.

Untuk dapat membuat blog di internet ada beberapa cara, antara lain, kita bisa masuk melalui www.blogger.com, lalu kita ikuti 3 langkah mudah membuat blog. Kita tinggal mengisi data sampai bog kita jadi.Cara lain, bisa juga lewat blog yang sudah jadi, misalnya masuk ke blog penulis : www.wahanaguru.blogspot.com. Setelah masuk kita bisa lihat pojok kanan atas ada kata “buat blog” tinggal kita klik kemudian mengikuti 3 langkah mudah membuat blog seperti di atas. Cara lain lagi, bisa juga melalui www.wordpress.com dan mengikuti langkah-langkah yang diminta. Setelah blog kita jadi, agar lebih menarik kita dapat memilih warna yang kita suka, mengisi blog kita dengan album foto sekolah, slide dari youtube, jumlah pengunjung, pooling, artikel atau materi pelajaran yang akan kita ajarkan. Bisa juga blog kita “link”kan ke media lain, misalnya Jawa Pos, Diknas Surabaya, Diknas Sidoarjo, Diknas Gresik, Pustakamaya, Wiki Pedia dan sebagainya.

Bila blog kita sudah jadi dan cukup menarik, selanjutnya kita isi dengan materi pelajaran yang akan kita ajarkan. Sebagai contoh bila penulis besuk akan praktikum, maka sebelumnya alat dan bahan , prosedur ( cara kerja) dimasukkan terlebih dahulu ke blog, sedang di kelas kita bisa membagi kelompok atau menjawab pertanyaan siswa. Kemudian sebelum pulang, siswa diberitahu alat dan bahan serta prosedur praktikum silakan diakses di www.wahanaguru.blogspot.com. Bila ada hal-hal yang kurang jelas, bisa bertanya dengan meng “klik” comment yang terletak di kanan bawah materi pelajaran atau artikel. Selanjutnya tinggal mengetik apa yang ingin ditanyakan lalu membubuhkan email kita lalu “klik” publikasikan, maka pertanyaan tersebut akan muncul di blog kita dan guru dapat menjawab pertanyaan tersebut dimana saja, kapan saja yang penting ada akses internet.

Dengan mengajar menggunakan blog ini mempunyai beberapa keunggulan (kelebihan), antara lain, kita tidak di batasi waktu di sekolah yang hanya 6 – 9 jam per hari saja. Kita juga bisa mengganti materi pelajaran pada malam hari atau pagi hari sebelum pelajaran dimulai atau kapan saja.Demikian pula kita tidak perlu dibatasi mengajar harus diruang kelas, bisa saja gurunya di rumah, di warnet, di cafe, di maal atau bahkan di taman Bungkul sekalipun. Namun demikian, secara jujur penulis mengakui, metode ini ada kelemahannya, yaitu baik guru maupun siswa harus ada akses internet. Bagaimana menurut pendapat anda ? ( artikel ini pernah dimuat Jawa Pos, hari Jum'at, 23 Januari 2009).

13 komentar:

Unknown mengatakan...

ANTHONI 7A
Menurut saya mengajar lewat blog memang bagus,karena bisa di akses di mana saja dan kapan saja kita mau(tidak di batasi oleh ruang dan waktu/bel sekolah).Apakah bisa kita membuat/meninggalkan artikel di blog bapak,untuk berbagi wawasan dan pengetahuan(bukan cuma berkomentar saja),atau perlu bapak berbagi di blog bapak ini untuk di isi oleh siswa/siswi yang ingin berbagi wawasan.Saya dan teman-teman juga akan senang bila artikel kami di muat oleh blog bapak,sehingga para bloger dapat mengenal sekolah YPPI ini jauh lebih dalam melalui blog bapak ini.Mungkin kami bisa meliput acara-acara sekolah dan kami tulis artikel di blog bapak ini,kalau bapak ingin,saya atau siswa/siswi akan mencoba manjadi seperti wartawan setiap ada acara sekolah,saya sudah mulai sedikit mencoba cara ini pada acara Valentine Day 14 Februari 2009 lalu,tetapi hasil nya saya print dan tidak banyak siswa/siswi SMP YPPI 2 tahu,mungkin saya harus menambah tulisan nya,namun cara saya menulis sedikit tulisan di hasil print out saya itu,saya tulis dengan praktis,ekonomis,dan sedikit berkumis/singkat padat dan jelas,Bila saya tulis keterangan dari gambar gambar yang saya liput terlalu banyak para siswa/siswi akan bosan membaca tulisan yang panjang.Cukup sudah komentar saya,mungkin lain waktu saya akan mengomentari blog bapak ini(maaf terlalu banyak)

AntiKarma Online Shop mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Menurut sayamengajar melalui blog sangat menyenangkan.Karena kan banyak siswa lebih suka membuka Internet dari pada membuka buku pel sendiri.....!!!
Saya mau bertanya tentang blog Bapak yang dipenuhi artikel2 yang bagus Bapak mempunyai ide membuat blog dari mana dan bapak itu selalu mengetahui permasalahan dengan baik....???sekian komentar saya yang dapat saya sampaikan

PUTRI/8B/10

Anonim mengatakan...

Terima kasih kepada Anthoni (7-A) dan Putri yang telah memberi komentar kepada artikel bapak.Untuk usul Anthoni tentang artikel dan foto siswa YPPI, asal layak tampil akan bapak muat, OK Trims.

Pak Mahfud

Anonim mengatakan...

Pak kenapa tidak ada gambar bergerak pak? Bukannya akan lebih menarik.. Apalagi kalau warnanya b'macam macam. Dan kalau bisa pakai warna terang!

Winny

7a / 23

Anonim mengatakan...

Winny(7-A),usulmu tentang gambar bergerak dan warna terang akan bapak pertimbangkan.Terima kasih atas ususlnya, trims,OK ? Pak Mahfud

Anonim mengatakan...

Menurut saya belajar dengan menggunakan cara yang di ajarkan Pak.Mahfud sungguh menarik,karena kita bisa belajar atau bertanya melalui akses ini dan jika kita tidak mengerti tentang pelajaran di sekolah, kita bisa bertanya di akses ini. sangat menarik... Serta banyak wawasan yang dapat di lihat di blog ini.Sya sangat setuju dengan judulnya Pak.Mahfud, belajar tanpa batas ruang dan waktu. Hehehehe....

Inneke 8a/10

Anonim mengatakan...

UFUK 8B/23
Menurut saya blog bukan hanya saja mengajar tanpa batas dan waktu tapi juga bisa dijadikan sarana untuk menyampaikan pendapat kita pak.menjadi suatu sarana untuk berbagi pendapat juga antar kelas.Juga agar kita dapat mengikuti perkembangan jaman(biar tidak gaptek gt).Setelah tadi membaca blog bapak yang mengatakan biologi tidak hanya diajarkan di kelas, tetapi juga bisa lewat game, kegiatan di luar sekolah misalnya ke kebun biantang pak.hehe terima kasih pak atas kesempatannya.Tuhan memberkati

Anonim mengatakan...

blog nya asik pak dapat menambah pengetahuan ku.kalau bisa juga ada foto2 nya pak jangan cuma nama latin nya biar tambah menarik.^^
yusuf 8b/26

Pesanggrahan Guru mengatakan...

Putri (8-B), ide bapak membuat blog awalnya iseng saja bpk masuk blog orang lain lalu ada tulisan "buat blog" lalu bpk coba dan berhasil lalu mengenai ide artikel bapak kadang muncul pada saat mengajar atau sewaktu baca koran lalu segera bpk tulis. Sekian Putri, OK !

P.Gratia mengatakan...

Artikal bapak itu bagus..
tetapi gambarnya sedikit..sehingga..membacanya bosan...
kadang saya juga using bacanya karna terlalu panjang..(^^,,)
Tapi,,tetap maju saja...
kalau bisa di perbaharui lagi ya pak blog nya...
terima kasih.

Gratia/7A

sujito mengatakan...

hanya satu kata "BAGUS" dan lanjutkan. akan lebih mengena lagijika blog ini banyak di-link ke/oleh blog lain, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk "membukanya" tidak hanya terbatas untuk murid bapak. Banyak blog yang dibuat para guru yang bisa diajak tukar link semacam : sanggarguru.blogspot.com, www.klubguru.com, inovasiguru.blogspot.com de-es-be

Anonim mengatakan...

mengajar lewat blog seperti ini sangat bagus, karena meskipun siswa tidak masuk siswa tetap dapat mengerti tentang apa yang diiterangkan.

Chendra 8A/22