Jumat, 16 Mei 2008


“ TIPS “ BELAJAR BIOLOGI DENGAN MUDAH


Oleh : Mahfud

Guru Biologi SMP YPPI – 2 Surabaya

1. RASIONAL

Pada umumnya, para siswa mengangggap pelajaran Biologi hanya “sebelah mata” saja. Mengapa demikian ? Sebab menurut alasan mereka, asal sering dibaca dan mendengarkan guru pada saat menerangkan di kelas, so pasti beres. Kemudian otomatis nilai Biologipun menjadi bagus. Betulkah demikian ? Sesederhana itukah cara belajar Biologi itu ? Untuk menjawab tidak,rasanya bagi siswa yang pandai faktanya memang benar, namun untuk menjawab ya, bagi siswa yang lain yang jumlahnya justru lebih banyak, ternyata hasilnya kurang bagus, kalau tidak mau dikatakan jelek (Mahfud, 2007 : 6). Lalu timbul pertanyaan, bagaimana cara mempelajari Biologi yang dapat diikuti oleh semua siswa dengan mudah ? Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas memang tidak semudah membalik telapak tangan namun diperlukan “cara jitu” untuk dapat belajar Biologi dengan mudah.

2. TIPS BELAJAR BIOLOGI

Untuk dapat belajar Biologi dengan mudah, pertamatama yang harus dilakukan, antara lain adalah :

a. Menumbuhkan Rasa Senang Terhadap Biologi

Cara termudah untuk menumbuhkan rasa senang terhadap Biologi adalah dengan menganggap buku Biologi sebagai buku bacaan yang menyenangkan, misalnya seperti buku cerita Harry Potter atau komik Crayon Sincan, sehingga kemana-mana selalu dibawa dan setiap ada waktu luang dapat dibaca. Disamping itu, untuk menumbuhkan rasa senang terhadap Biologi dapat pula dengan cara mengambil sesuatu yang menarik dari Biologi guna diperkenalkan kepada masyarakat.Misalnya mengambil gambar viruspenyebab penyakit AIDS, yaitu HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) yang diperbesar dan disablonkan pada T-Shirt atau mengadakan penelitian di alam terbuka, praktikum di laboratorium dan sebagainya.

b. Secepat Mungkin Menyelesaikan Kesulitan

Bila kita sudah mulai senang dengan pelajaran Biologi, maka secara otomatis kita ingin mendalami Biologi. Namun tidak jarang pada saat kita membaca buku – buku Biologi tersebut terganggu dengan istilah – istilah yang kita belum mengenal atau pengertian – pengertian yang membingungkan. Jika menemukan hal yang demikian, maka segera saja menanyakan jawabannya kepada bapak dan ibu guru Biologi atau kita dapat mencari jawabannya pada kamus Biologi. Sebab bila kesulitan – kesulitan tersebut dibiarkan sampai berlarut – larut maka motivasi kita dalam belajar Biologi akan menurun. Bila hal ini terjadi, maka kita akan menganggap pelajaran Biologi itu sulit.

c. Membaca Secara Keseluruhan (Tuntas)

Bila saat ini kita akan menghadapi ujian, baik UTS maupun UAS maka segera siapkan buku catatan dan buku paket, lalu mulailah membaca bab – bab yang akan diujikan. Bab – bab yang sudah dibaca diberi tanda sehingga seluruh bab yang diujikan sudah terbaca. Pada tahap ini mungkin kita hanya dapat menyerap isinya antara 60 – 70 % atau mungkin di bawah itu, walaupun pernah diajarkan. Namun hal itu tidak menjadi masalah, sebab kita sudah mengetahui secara keseluruhan materi yang harus kita kuasai.

d. Pendalaman Masing – Masing Bab

Untuk dapat mendalami masing – masing bab dalam Biologi, ternyata tiap – tiap bab mempunyai karakteristik tersendiri cara pendalamannya. Contoh bab yang membahas Genetika (Pewarisan Sifat), pendalaman yang tepat adalah dengan cara sering mengerjakan latihan soal – soal, sebab didalamnya banyak dasar – dasar Matematika yang digunakan.Untuk bab – bab yang menekankan segi hafalan dan banyak menggunakan nama – nama latin, pendalaman yang pas adalah dengan mencoba menuliskan kembali nama – nama latin tersebut secara berulang – ulang sampai benar – benar hafal. Sedang untuk bab – bab yang menekankan proses dan letak, misalnya anatomi dan fisiologi (struktur dan fungsi) tubuh manusia, pendalaman yang paling mudah adalah dengan membuat “main mapping” atau bagan (sketsa) boleh juga gambar yang memudahkan proses dan letak sesuatu bab tersebut. Sebab dengan sekali melihat “main mapping” atau bagan (sketsa) atau juga melihat gambar dapat melebihi seribu kata – kata sebagai penjelasan.

e. Menghubungkan antara Bab Satu dengan Bab yang lain dan dengan disiplin ilmu yang lain

Setelah kita mendalami masing – masing bab, maka selanjutnya menghubungkan antara bab satu dengan bab lain yang saling berkaitan. Sebab ada bab yang menjadi prasyarat bab yang lain.Contohnya, kita akan kesulitan belajar Bioteknologi bila sebelumnya kita belum belajar Genetika (Pewarisan Sifat), Biologi Sel, Kimia,Reproduksi, sebab ilmu –ilmu tersebut mendasari untuk belajar Bioteknologi. Disamping itu, perlu juga dihubungkan dengan disiplin ilmu yang lain, misalnya untuk dapat belajar Evolusi dengan baik, maka kita harus belajar Sejarah, Geologi, danAnthropologi begitu seterusnya sehingga bab yang telah kita pelajari terdahulu tidak mudah lupa. Selain itu juga meyakinkan kita bahwa belajar Biologi mempunyai makna yang sangat luas.

f. Membuat “Jembatan Keledai” dan “Main Mapping”

Otak kita ibarat mesin perekam yang mempunyai “keterbatasan”. Oleh sebab itu, bila terlalu banyak informasi yang masuk, apalagi tidak teratur, maka jika sewaktu – waktu kita ingin “memanggil” akhirnya akan kesulitan. Untuk menghindari hal tersebut, maka informasi yang kita peroleh dari membaca harus kita atur sedemikian rupa sehingga memudahkan kita mengingat. Caranya dapat dengan membuat “jembatan keledai”, contoh untuk mengingat persebaran hewan Indonesia bagian tengah ( garis Alfred Russel Wallacea ), yaitu Komodo, Tapir, Babirusa, dan Anoa dapat dibantu dengan kalimatKota Barua”. Contoh lain, misalnya untuk mengingat tahap – tahap pembelahan sel secara Meiosis khususnya pada tahap Profase I adalah Leptoten, Zygoten, Pakiten, Diploten, dan Diakinesis dapat dibantu dengan kalimat “ Lezy Pak Didik “ begitu dan seterusnya. Cara membuat “jembatan keledai “ ini terserah kita yang penting apa yang harus kita ingat itu dapat segera dimunculkan kembali.

Disamping membuat “jembatan keledai” masih ada lagi cara membuat kita mudah ingat, yaitu dengan cara membuat “main mapping” atau peta pikiran alias peta konsep. Agar dapat membuat “main mapping” dengan baik, pada saat membaca harus dapat membedakan mana yang termasuk bagian inti (ide pokok) dan yang mana bagian pelengkap (fakta pendukung). Bila kita sudah mahir membedakan dua hal tersebut, maka kita akan mudah membuat “main mapping” (peta konsep). Dengan cara kita membuat “main mapping” ini, masalah yang sulit dapat dibuat mudah dan materi yang banyak dapat dibuat menjadi sedikit. Dengan demikian otak kita menjadi lebih mudah mengingat.

3. PENUTUP

Tips belajar Biologi di atas baru bermanfaat manakala kita laksanakan dengan kesungguhan hati disertai niat dan motivasi tinggi, penuh konsentrasi, dilakukan secara teratur (kontinyu) dan harus sering diulang. Jika cara – cara di atas kita laksanakan sebaik – baiknya , maka kita akan tercengang melihat hasilnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (mahfudyppi@yahoo.com).

69 komentar:

analisa forex mengatakan...

Artikel ini sangat baik dan patut diketahui oleh semua orang.

wandy_peace@yahoo.co.id mengatakan...

Artikel ini sudah sangat baik dan bisa membantu murid-murid sekolah agar dapat belajar biologi dengan mudah.
namun, karena murid-murid zaman sekarang banyak yang tidak mau membaca tulisan yang berjumlah sangat banyak, maka sebaiknya pada artikel ini di beri efek-efek seperti efek warna tulisan, flash, gambar yang bergerak, musik yang mengajarkan biologi, dan lain sebagainya agar murid-murid yang membaca artikel ini dapat terhibur dan tidak bosan sehingga murid-murid dapat mengetahui cara untuk memudahkan belajar biologi dan menyukai biologi.
terima kasih.

wandy witama
7c/24
SMP YPPI 2

rachel mengatakan...

Menurut saya,artikel yang di ketik ini sudah sangat bagus.Dan artikel ini bermanfaat untuk dapat menguasai ilmu biologi.Dan saya rasa tidak perlu di beri efek yang banyak,,karena artikel ini sudah menarik.Terima kasih.

Rachel Novia.P
7a/21
SMP YPPI 2

Cindranita Suhardi mengatakan...

Artikel ini dapat memudahkan saya dan menambah wawasan saya tentang bagaimana mempelajari suatu pelajaran dengan baik. Saya akan mencobanya. mungkin dengan 'main mapping' juga merupakan cara belajar yang sederhana dan cara belajar yang baik.
terimakasih atas petunjuknya

Cindranita Suhardi
7a/04
SMP YPPI 2

Liyanto Untoro mengatakan...

Artikel ini sangatlah bagus karena dapat membantu siswa mengetahui cara belajar biologi dengan mudah. Dan tentunya nilai biologi mereka akan memuaskan dan mereka akan berpikiran bahwa belajar biologi itu ternyata mudah dan menyenangkan. Berkat artikel ini siswa dapat belajar biologi dengan menyenangkan,terima kasih.


Liyanto Untoro
7c/18
SMP YPPI-2

Vivien mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Vivien mengatakan...

Artikel bapak sebenarnya sudah bagus,cuma agak panjang.
Tapi saya cukup sulit menganggap buku Biologi sebagai buku komik,kecuali bukunya lebih banyak gambar dibanding tulisan.apa ada buku Biologi yang banyak gambarnya dan banyak pengetahuannya?
Saya setuju dengan ide bapak untuk mengambil gambar virus dan disablon di baju,selain bervariasi juga unik.
Dengan petunjuk "jembatan keledai" dari bapak,saya jadi lebih mudah memahami pelajaran Biologi.
Terima kasih.


Vivien Vinchiu
7d/25
SMP YPPI 2

ferry.widjaya 7a/8 mengatakan...

Menurut saya artikek bapak sudah sangat baik karena memang kita harus belajar senang dahulu pada pelajaran. Ketika kita sudah senang kita pasti mempunyai motifasi belajar yang tinggi .Artikel bapak sangat saya setujui karena dapat membantu murid-murid agar dapat memahami cara belajar yang benar.dan sangat membantu untuk menghadapi ujian.
Terimakasih.

Ferry.widjaya
7a/8 SMP YPPI2

Stevanus.Widjaja 9a/21 mengatakan...

Artikel yang sudah ada di atas tadi adalah arikel yang menurut saya juga merupakan "Jembatan Keledai" yang menjadi titik acuan saya tentang bagaimana cara-cara yang kedepannya menjadi cara saya untuk belajar Biologi dengan lebih muda tentunya. Namun di kesempatan ini saya ingin juga menambahkan cara-cara lebih mudah untuk pembelajaran tentang Biologi ini. Saya sering kali mendengar keluhan teman-teman sekelas saya tentang pengajaran Biologi yang kurang lebih dan sering kali disebut "monoton". Kita seringkali hanya belajar dengan cara duduk,dan mendengarkan yang telah dijelaskan oleh guru-guru sekalian. Namun saya berpendapat lebih bahwa proses pembelajaran Biologi harus bisa menarik perhatian kami sekalian. Contohnya dengan cara-cara yang lebih bervariasi agar kita siswa-siswi SMP YPPI-2 dapat belajar dengan hati yang riang dan gembira otomatis pelajaran akan mudah masuk ke pikiran kami. Antara lain pembelajaran ekskursi yang lebih menarik dan langsung meninjau bab yang sedang di pelajari langsung dapat diketahui dengan jelas dan mungkin juga dapat langsung di praktekkan agar lebih berkesan dan tidak terlupakan nantinya. Jadi,maksud kami tidak hanya pada bab-bab tertentu saja kami di ajak untuk ekskursi. Karena hanya pada bab itu saja mungkin kami dapat mengingatnnya leih dari bab-bab lainnya. Contoh lainnya setidaknya pada setiap bab yang dipelajari harus selalu di praktikum kan agar kami lebih mengetahui "apa sih yang di maksudkan ini??". Jadi kita bisa mendapat bayangan sebelum Ulangan terlaksanakan. Sekian komentar dari saya. Saya berharap apa yang telah saya komentarkan dapat segera dipraktekkan oleh Bapak/Ibu Guru SMP YPPI 2 sekalian.Mohon Maaf apabila ada kata-kata yang kuran berkenan di hati para pembaca komentar saya ini.
Sekian,Terima Kasih.
Atas Perhatiannya.

Stevanus.Widjaja 9a/21
Siswa SMP YPPI 2
Surabaya.

David mengatakan...

Artikel ini sudah bagus, dan saya setuju dengan pendapat bapak. Karena banyak anak-anak yang menganggap pelajaran biologi sebagai pelajaran yang membosankan. Karena saya sering mendengar teman-teman bahwa biologi terlalu banyak hafalan, tidak menarik dll. Dan sebenarnya cara belajar di atas tidak hanya kita terapkan pada pelajaran biologi saja, tetapi bisa kita terapkan pada pelajaran lain seperti : Geografi, Ekonomi, Fisika, Sejarah, dll. Dengan cara seperti itu dan anak-anak mau melakukannya pasti biologi akan menjadi pelajaran yang menyenangkan.
Terima Kasih.


David Alfredo W.
7B/7
SMP YPPI 2

David mengatakan...

Artikel sudah sangat bagus dan dapat membantu kita dalam belajar biologi maupun pelajara lainnya dengan mudah dan menyenangkan. Saya setuju dengan mind maping karena kita dapat dengan mudah menghafal pelajarannya. Saya sangat setuju bila buku Biologi dianggap sebagai komik. Karena dengan begitu kita dapat mengerrti dengan mudah seperti membaca komik di rumah.
Terima Kasih.

Juan Wirogo
7C/16
SMP YPPI 2

Terennia mengatakan...

Menurut saya artikel ini sudah sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi kita. Saya setuju dengan cara-cara bapak karena dengan begitu kita dapat belajar biologi maupun pelajaran yang lain dengan mudah. Dan bila siswa mau melakukannya pasti mereka akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Mereka juga mungkin menganggap pelajaran biologi sebagai pelajaran favorit mereka.
Terima Kasih

Terennia Risley
7D/21
SMP YPPI 2

David mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Alvin mengatakan...

bagus, tetapi kalau hanya artikel terlalu membosankan. saya sendiri bosan kalau hanya membaca saja. harusnya juga ditambah gambar gambar sebagai contoh.
Terima Kasih.

Alvin Cornelius W.
7B/01
SMP YPPI 2

elton mengatakan...

artikel tips belajar ini sangat bagus untuk para siswa yang susah menghafal atau mengerti dalam belajar
terimakasih.


elton
7c/8
smp yppi2

melinda mengatakan...

Menurut saya artikel ini sudah sangat membantu para murid dalam belajar biologi. hanya saja ada satu hal yang juga sangat penting yang lupa bapak tuliskan. Yaitu: cara mengajar guru sangat berpengaruh bagi murid. Karena murid zaman sekarang kebanyakan memutuskan menyukai sebuah pelajaran melalui pembawaan sang guru. Jasi kalau gurunya galak, suka marah-marah, memberi banyak PR,dan cara menerangkannya terlalu ribet pasti banyak murid yang langsung memutuskan pelajaran tersebut tidak enak. Tapi sebaliknya jika guru yang mengajar baik, ramah, tidak terlalu banyak memberi tugas yang berat, dan cara penyampaian materinya baik dan mudah dimengerti saya yakin para murid langsung memutuskan untuk menyukai atau menggemari pelajaran tersebut. Tapi secara keseluruhan saran bapak sudah sangat komplit. dan cara-cara yang bapak tulis dalam artikel ini akan sangat berguna bagi para murid. Bukan hanya dalam pelajaran biologi tapi juga dalam mata pelajaran yang lainya.
Terima kasih

Melinda Angkirawan
7c/21
SMP YPPI-2

Thessa mengatakan...

Artikel ini sangat menarik.
Lebih bagus lagi kalau dibuat kayak komik jadi lebih seru dan lebih senang membacanya jadi tidak pusing.
Terima Kasih.

Theresia Hengki Thesman
7d/22
SMP YPPI 2

Aurellia Feliciana mengatakan...

Artikelnya sangat bagus...
Hanya terlalu panjang saja,.. Saya lebih bisa belajar menggunakan "Main Mapping/Jembatan Keledai"...
Karena tekniknya lebih gampang di mengerti anak-anak...
Dengan adanya Discovery di sekolah setidaknya sangat membantu dalam menambah wawasan yang kurang dan dapat belajar lebih mengasyikkan..
Tetapi kalau menganggap Buku Biologi sebagai komik itu sangat berbeda jauh..
Dan memang setelah saya lihat ada kesamaan antara Biologi dengan mata pelajaran lainnya...
Thank you, pak..!

Aurellia.F.W
7D/5
SMP YPPI 2

febryan.K.F mengatakan...

Artikel ini bagus..
Dengan menggunakan jembatan keledai atau main mapping,kita dapat mengingat biologi dengan cepat dan senang...
Sebagian besar, murid SMP YPPI 2 senang membaca novel atau komik...
Dengan kenyataan seperti itu, kita dapat mengumpamakan buku biologi sebagai novel atau komik...
Sehingga para siswa senang mempelajari biologi...
Sekian dan terima kasih...

M. Febryan K F
7D/16
SMP YPPI 2

jonathan mengatakan...

artikel ini cukup bagus tetapi tak ada gambar, animasi, dan tanya jawab

Manuel mengatakan...

menurut saya artikel ini sudah cukup bagus.
tapi masih ada kekurangannya kata katanya terlalu panjang hingga membuat pembaca menjadi bosan.
gambarnya juga perlu diper baiki aga lebih menarik

Anthony mengatakan...

Menurut saya artikel ini bagus dan dapat memudahkan saya dalam belajar.
tetapi artikel ini perlu diberi efect atau gambar yang berhubungan agar yang membaca tidak bosan,
selain itu agar orang mau membaca artikel ini sampai selesai.
terima kasih.

Anthony Sutera
7A/03
SMP YPPI 2

Citra Yohana mengatakan...

Artikel ini sudah cukup bagus. Mungkin Hanya Kurang Animasi saja, supaya orang yang membaca tidak bosan
Menurut saya artikel ini sudah memuaskan hati saya.
Terima kasih

Jessie mengatakan...

menurut saya cara belajar biologi ini sudah bagus dan lebih baik diterapkan pada buku-buku agar lebih banyak gambarnya dan yang pasti bukunya berwarna cerah...
agar lebih muda dibaca
dan saya setuju dengan ide2 bpk
Terima kasih


Jessie Shanthana.L
7d/10
SMP YPPI 2

Kevin Wijaya mengatakan...

Artikel ini sangat baik dan bisa membantu murid-murid sekolah agar dapat belajar biologi dengan mudah.
Artikel bapak sangat baik karena dapat membantu murid-murid agar dapat memahami cara belajar yang baik dan sangat membantu untuk menghadapi ujian.

Kevin Wijaya
7a/17
SMP YPPI 2

silvi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
silvi mengatakan...

saia setuju dgn artikel ini...
krn yg bapak ajarkan...
telah sangat mmbantu saia dlam hal bljar

silvi
7a/01
smp yppi 2

wilsin w.k.k mengatakan...

maaf pak mahfud , komentarnya yg kemarin gak bisa lagi heng menurutku jika artikel ini di tambah dengan cerita petualangan pasti laku dan jangan yg susah susah , yg gampang saja seperti kemarin bapak tayangkan tentang pulau galapagos dan spesies baru itu bagiku cukup menarik tapi masih kurang mengesankan

terima kasih ,

wilsin
7D/27
SMP 2

stefanie mengatakan...

Artikel sudah cukup bagus pak.....
Tetapi kalo kepanjangan saya pusing pak...
Tetapi salah satu isi dari artikel bapak saya sangat setuju.
Dengan Main Mamping/jembatan keledai
Saya lebih cepat masuk dengan pel biologi.
Jadi menurut saya artikel ini dapat menjadi acuan bagi murid2 yang kesusahan biologi.Saran saya agar bapak lebih bisa menfariasi efek ,gambar ,dan sebagainya
Agar lebih menyenangkan .Sekian Saja & Terima Kasih....

Stefanie wong 7D-19
SMP-YPPI 2,Surabaya.

bryan mengatakan...

bryan berkata bahwah

artikel bagus dan mudah di mengerti tetapi terlalu panjang jadi malas baca deh he...he....he...

bryan 7d
no 7
maafn gak bisa kasih ttd

Lovita mengatakan...

Pak,, cara pembelajaran ini sangaT bagus dan perlu diterapkan dalam pembelajaran kita sehari-hari. Semoga cara ini dapat berguna dan diterapkan dalam pembelajaran kita sehari-hari.

Terima Kasih.....

Lovita - 7c - 19

Anne mengatakan...

Pak,, artikel ini sangat bagus. Dan menurut saya, cara pembelajaran ini sangat dibutuhkan oleh kami semua..... Sehingga kami bisa belajar dengan mudah dan mendapatkan nilai bagus.....

Terima Kasih...

Anne - 7c - 03

jojon mengatakan...

no coment

Jessica mengatakan...

Saya sangat setuju dengan artikel bapak. Jika para siswa dapat menerapkan metode atau artikel bapak, saya yakin para siswa semua dapat memperoleh prestasi yang lebih baik bahkan sangat baik.
Akan tetapi, yang perlu diketahui tidak banyak siswa yang belajar dengan rajin.
Kebanyakan mereka menggunakan program SKS(Sistem Kebut Semalam) :)
Saya berharap bapak tidak patah semangat untuk mencari suatu metode yang cocok dengan animo siswa sekarang.
*terima kasih*







Jessica Shohan K
7c/14
SMP YPPI-2

Herliana mengatakan...

Menurut saya, artikel ini memberikan cara yang benar-benar jitu. memang, jika kita tdk menyenangi sesuatu susah untuk memahaminya. biasanya kecendrungan kita adalah menjauhi sesuatu yang kita benci. saya juga menyetujui saran-saran seperti jembatan keledai, hal itu mempermudah kita untuk mengingat suatu kata atau kalimat yang susah misalnya nama spesies hewan atau tumbuhan.


herliana christin 7b/17

kevin juniawan mengatakan...

artikel ini sudah bagus

Novy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
windy mengatakan...

Tips belajar yang bapak berikan sangatlah mudah dimengerti dan di terapkan. Saya sangat yakin apabila tips2 yang Mr.Mahfud berikan, apabila benar2 di terapkan oleh kami para siswa, maka niscaya murid2 YPPI jenius dalam bidang biologi. Terima kasih.

Windy Widodo
7C/25
SMP YPPI 2

Anonim mengatakan...

Artikel ini sangat bermanfaat bagi para siswa siswi agar mengetahui bagaimana cara / tips belajar biologi dengan mudah. Saya setuju bila buku Biologi dianggap sebagai komik / majalah. Karena dengan begitu kita dapat mengerti dengan mudah dan menyenangkan. karena, jika kita menyenangi sesuatu itu akan terasa lebih mudah untuk memahaminya. Untuk lebih menarik, link ini dapat dipersingkat, dan diberi efek - efek. Semoga dengan membaca link ini siswa siswi dapat mempelajari biologi maupun pelajaran lain dengan mudah dan menyenangkan.
Terima kasih.

Yolanda Sutanto
7b/27
SMP YPPI 2

yolanda mengatakan...

Artikel ini sangat bermanfaat bagi para siswa siswi agar mengetahui bagaimana cara / tips belajar biologi dengan mudah. Saya setuju bila buku Biologi dianggap sebagai komik / majalah. Karena dengan begitu kita dapat mengerti dengan mudah dan menyenangkan. karena, jika kita menyenangi sesuatu itu akan terasa lebih mudah untuk memahaminya. Untuk lebih menarik, link ini dapat dipersingkat, dan diberi efek - efek. Semoga dengan membaca link ini siswa siswi dapat mempelajari biologi maupun pelajaran lain dengan mudah dan menyenangkan.
Terima kasih.

Yolanda Sutanto
7b/27
SMP YPPI 2

monica mengatakan...

Artikel ini sangat menarik,
Dan sudah saya lakukan saat Ujian Biologi beberapa hari yang lalu, dan saya dapat menghafal berbagai theori dengan lebih mudah,
tetapi menurut saya
Cukup sulit mencari kata-kata yang dapat dibentuk menjadi
"jembatan Keledai"
dan Hanya sedikit contohnya seperti : GERBANG KERTASUSILA
: KOTA BARUA
: LAZY PAK DIDIK
sedangkan saya tidak mengetahui contoh yang lain
mungkin dapat ditambahkan pada artikel.
terima kasih.

Patricia Monica
7c / 23
SMP YPPI 2

Vincent mengatakan...

Halo Pak Mahfud!!!
Bagaimana kabarnya???
saya Vincent/7D/23

Pak,berikut ini adalah komentar saya terhadap artikel bapak:

menurut saya artikel bapak isinya sudah sangat bagusapalagi berbagai macam tipsnya seperti jembatam keledai,main mapping,dll.itu adalah cara-cara yang unik yang dapat dijadikan titik acuan untuk belajar cepat dan mudah.tetapi artikel bapak ini kurang menarik karena hanya cuma ada tulisannya,1 gambar dan sedikit warna saja!!!

sebaiknya bapak memberi bermacam-macam warna pada artikel bapak dan menambahkan gambar2 lagi yang menyangkut artikel bapak agar pembacanya lebih senang membaca artikel pak mahfud karena menarik!!!

Saya senang membaca artikel pak mahfud,karena setelah saya membaca artikel pak mahfud,saya menjadi tahu cara-cara belajar dengan mudah dan cepat,berikutnya saya akam menggunakan cara2 pak mahfud untuk belajar BIOLOGI,dll.saya harap pak mahfud dapat membuat artikel-artikrel menarik yang lebih banyak lagi dan lebih menarik agar banyak murid-murid maupun orang tua suka membaca artikel pak mahfud!!!

Terima kasih pak mahfud atas artikelnya yang bagus!!!
hehehehehehehehe............^^



-Vincent Effendi-
-7D/23-
-SMP YPPI2-

Meili berkata mengatakan...

Menurut saya artikelnya sangat menarik dan patut di coba.
Seperti cara "Jembatan Keledai" bisa sangat membantu saya dalam belajar Biologi.
Dan masih banyak cara-cara lain yang harus di coba.


Meiliana Wikarsa
7D/15
SMP YPPI 2

Theresia mengatakan...

Menurut saya artikel yang bapak buat sudah bagus.
memang pada zaman sekarang sudah banyak sekali permainan2 yang akan membuat anak anak untuk memilih bermain daripada belajar.
Sekarang pun sudah ada handphone yang akan membuat mereka ingin bersmsan atau pun bertelepon dengan waktu yang lama.
Memang kita hanya belajar pada waktu UTS ataupun UAS sehingga mereka nantinya bingung jkarena mungkin mereka belum mencataat ataupun tidak ingin belajar.
Terima Kasih



Theresia
7a/26
SMP YPPI2

inneke mengatakan...

menurut saya, apa yang sudah bapak katakan sangat menarik bagi para siswa karena ini merupakan tips2 yang baik bagi para siswa untuk mengembangkan kegiatan belajar dan daya ingat serta imajinasi yang tingggi.
juga, otak yang merupakan mesin perekam tersebut perlu diasah dan dikembangkan sehingga memiliki daya ingat yang cemerlang.dan otak tidak baik digunakan terus meneruss untuk hal hal yang serius, kqarena dapat menimbulkan STRESSSSSSS dan DEPRESIIIIIII. seperti halnya komputer, jika digunakan terus menerus kompuer akan mudah error bahkan rusak.
Terima Kasih.


viony tesalonika
7a/27
SMP YPPI2

inneke mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
inneke mengatakan...

menurut saya artikel yang bapak buat sudah sangat bagus.
dan juga kegiatan belajar di sekolah hendaknya diteruskan, karena dapat membuat anak anak gemar membaca. artikel yang bapak buat sudah bagus dan artikel ini tidak perlu diberi gambar.
terima Kasih



Inneke Setiawan
7a/11
SMP YPPI2

Anonim mengatakan...

Artikel ini sangat bagus dan sangat komutatif.Artikel ini sangat berguna untuk para pelajar yang tidak bisa dalam pelajaran biologi.terima kasih atas perhatianya.

putri/7b/8

Anonim mengatakan...

Artikel ini sangat mudah dimengerti.Banyak orang bisa belajar dari tips ini.Saya sangat senang karena adanya artikel ini saya bisa belajar dengan baik.Terima kasih.

sonia/7a/24

IVONE HALIM mengatakan...

PENDAPAT SAYA ARTIKEL BAPAK SANGAT BENAR DAN ITU JUGA MUDAH DI MENGERTI

Owen/7A/19 mengatakan...

Menurut saya artikel ini sudah sangat bagus, tapi masih ada kekurangannya yaitu terlalu panjang dan kurang gambar-gambar yg menarik..
Terima kasih. .

Owen/7A/19 mengatakan...

Menurut saya artikel ini sudah sangat bagus, tapi masih ada kekurangannya yaitu terlalu panjang dan kurang gambar-gambar yg menarik..
Terima kasih. .

cindy mengatakan...

Menurut saya, saran-saran Bapak sudah bagus dan berguna. Namun,karena kurang atraktif, pembaca biasanya hanya membaca sedikit atau separuh saja. Jadi, seharusnya blog ini dibuat lebih atraktif dan menarik dengan menambahkan gambar.

Terimakasih,
Cindy 7b

vebbe mengatakan...

Menurut saya artikel bapak sangat bagus dan mudah di mengerti,tetapi terkadang kita sangat menganggap remeh belajar bio logi itu,dan dengancara membaca artikel ini murid-murid dapat belajar dengan mudah.
Terima Kasih.

vebbe
7A/27
SMP YPPI 2

Lovita mengatakan...

Menurut saya artikel ini isinya mudah dimengerti,, maknanya juga sangat menarik...


Terima kasih



Jessica Hartono / 7C / 13

Lovita mengatakan...

Pak Mahfud, menurut saya artikel ini sangat menarik. Karena dari artikel tersebut ada tips-tips mudah untuk mempelajari dan memperdalami pelajaran Biologi. Dan mungkin dalam artikel tersebut ada makna-makna yang penting sehingga membuat artikel ini menarik. Dan jikapara siswa-siswi yang membaca, dapat mengetahui cara-cara belajar.....


Terima Kasih



Cynthia Natalia
7C - 06

aLita mengatakan...

menurut saya, artikel ini sudah sangat bagus. bagus sekali. cuma 1 kekurangannya, yaitu terlalu panjang dan kata2nya agak susah saya mengerti (nggak tw tmen2 yg lain)..

saya sudah pernah mencoba belajar dgn menggunakan permainan mapping. memang sedikit membantu kita supaya lebih hafal. tapi tidak semudah yg bapak tulis di artikel bapak. waktu UAS sejarah kmarin, saya belajar dgn menggunakan mapping. dan waktu UAS'nya, jwb'an saya banyak yg terbalik. gara2 saya belajar menggunakan permainan mapping..

waktu UAS geografi saya jg belajar menggunakan mapping. dan ternyata jwb'an saya jg terbalik. misal jwb'an A yg seharusnya di A, saya tulis di B. bgt pula sebalik'nya. jd saya agak susah belajar menggunakan metode main mapping. memang lebih gampang nyentel. tapi ya gitu hasilnya kalo bwt saya, bnyk yg terbalik..

belajar dgn menggunakan metode "jembatan keledai" terlihat gampang jg. tp kalo misal nnt wkt kita menggerjakn ulangan dan yg kita inget hanya singkatannya. gimana pak?? misal soalnya persebaran hewan indonesia bagian tengah..
jawabannya kn Komodo, Tapir, Babirusa, dan Anoa & bisa di jadikan seperti KOTA BARUA. kalo yg kita ingat hanya kota barua, gmn?? bkn Komodo, Tpir ...!! bgt kn jg sm saja salah, iyakan pak??

membuat buku biologi seperti komik itu tidaklah mudah. apabila kita seorang komik mania dan hanya terbiasa membaca komik biasa bkn bk biologi. itu jg akan membutuhkan proses yg lmyn panjang. tapi apabila kita sudah terbiasa membaca bk biologi sperti biasa bkn sperti komik, itu jg akan susah dan membutuhkan proses membiasakan diri yg lmyn lama..


tapi mudah2an saya bisa mengikuti metode blajar yg seperti bapak tulis pada artikel..
dan mdh2an saya bisa lbh cepat nyentel..
yg pntng apabila kita ada niat, kita pasti akan bisa. betul kn pak...??


kalo komentar saya terlalu panjang..
hehehe^^..
harap maklum ya pak..
terima kasih..

Alita Prameswari
7a / 2
SMP YPPI 2

Novy mengatakan...

pada komentar saya yang sebelumnya saya mengatakan bahwa tips dari guru lebih efektif. saya ingin menambahkan bahwa ide Pak Mahfud memang sangat baik yaitu dengan menggunakan main mapping tapi dengan menggunakan itu memang ada murid yang menjadi lebih mudah belajar tapi ada juga yang malah lebih menjadi kesulitan belajar tapi saya sudah sangat senang dengan tips itu. Terima kasih
Sekian komentar saya...

Tan Novy
7b/24

Leoni mengatakan...

saya merasa sangat senang dengan tips yang bapak buat. saya senang dengan tips bapak,tentang menganggap bahwa buku adalah komik dan tips bapak yang mengajarkan menggunakan main mapping...sekian dan terima kasih^~^...

Leoni Angela
7b/19

Lusiani mengatakan...

pak sudah bagus kok dan mudah dimengerti ^^



Lusiani 7D / 19

Jessica Hartono mengatakan...

Mr. Mahfud.....

Menurut saya artikel Bapak sudah bagus,, saya sangat setuju sekali... Seandainya Siswa maupun siswi yg membaca artikel Bapak ini,, mau melaksanakannya... Mungkin nilai-nilai Biologi maupun yg lainnya bisa menjadi bagus...

Saran saya:
Bila artikel Bapak diberi gambar,, akan terlihat lebih bagus, jadi tidak monoton pada tulisan....


Sekian dari saya...

Terima Kasih

By:
Jessica Hartono - 8a

natasha azalia, 7D/22 mengatakan...

pak, artikel ini sangat baik dan amat memotifasi saya untuk tetap bisa belajar biologi! terimakasih atas tips-tips nya. berguna sekali bagi saya dan semua teman teman yang tertarik mempelajari ilmu biologi! natasha azalia, 7D/22

Anonim mengatakan...

ASsalamualikum..
THX atas artikelnya pak..
semoga saya bisa menjadi guru biologi seperti bapak atau bahkan melebihi hehehee

terimaksih banyak pak artikelnya muantepppp...

numpang copas ya pak...

P. Cahyo mengatakan...

Salam kenal
Kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/
Salam kreatif...

yuni ariesta mengatakan...

sebenarnya, saya juga setuju dengan cara bapak, langkah pertama adalah menyenangi pelajaran itu dulu, karna kunci pertama adalah senang.

Mahfud mengatakan...

hmmee.. ayoo belajar Biologi lagiiiii....
:D

Siska Widya Astuti mengatakan...

artikel ini sangat bermanfaat.. mari kita belajar biologi...!!!

les privat SP mengatakan...

sukses selalu pak ,, semoga berkah ilumunya

Anonim mengatakan...

Actually it's mind map not main map, thanks..