Kamis, 17 November 2011

SOAL - SOAL SISTEM KOORDINASI



Oleh : Mahfud

Guru SMP YPPI – 2 Surabaya

I.SISTEM SARAF

1. Tuliskan 3 fungsi saraf manusia yang berhubungan dengan sistem koordinasi !

2. Jelaskan 3 bagian sel saraf beserta fungsinya masing – masing !

3. Gambarkan sel saraf manusia beserta bagian – bagiannya masing – masing !

4. Tuliskan macam sel saraf manusia beserta fungsinya masing – masing !

5. Apa yang dimaksud dengan sinapsis dan apa pula nama zat kimia yang

membantu terjadinya Sinapsis ?

6. Jelaskan fungsi Asetilkolin dan Kolinesterase dalam proses sinapsis !

7. Sebutkan fungsi Otak Besar (Serebrum) sebagai saraf pusat manusia !

8. Sebutkan pula fungsi Otak Kecil (Serebellum) bagi sistem koordinasi manusia !

9. Jelaskan macam – macam fungsi dari Sumsum Lanjutan (Medula Oblongata) !

10. Jelaskan pula fungsi Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis) !

11. Sebutkan fungsi dari Saraf Tepi dari Sistem Koordinasi manusia !

12. Jelaskan fungsi saraf somatis pada Sistem Koordinasi manusia !

13. Tuliskan 3 perbedaan antara sistem saraf simpatik dengan saraf

parasimpatik !

14. Tuliskan urutan jalannya impuls pada gerak biasa !

15. Tuliskan pula urutan jalannya impuls pada gerak refleks !


@@@ GOOD LUCK @@@


II. SISTEM INDERA

1. Tuliskan arti indera manusia beserta dengan fungsinya !

2. Sebukan 5 macam indera manusia dan masing –masing peka terhadap apa ?

3. Tuliskan 3 lapisan bola mata manusia dan sebutkan masing – masing bagian

depannya dinamakan apa ?

4. Tuliskan 2 reseptor (penerima stimulus) mata dan sebutkan masing – masing

fungsinya !

5. Tuliskan pula 2 cairan humor pada mata dan sebutkan masing – masing

letaknya !

6. Tuliskan urutan jalannya impuls pada proses melihat suatu benda !

7. Sebutkan 3 perbedaan antara mata manusia dengan kamera !

8. Jelaskan 5 macam kelainan mata dan bagaimana cara mengatasinya ?

9. Sebutkan 3 bagian dari telinga luar manusia !

10. Apa nama – nama tulang pendengaran manusia !

11. Apa nama bagian telinga yang merupakan penghubung antara telinga tengah

dengan rongga mulut ?

12. Tuliskan urutan jalannya impuls pada proses mendengar suatu suara !

13. Dalam bentuk apakah suatu zat agar mudah untuk dibau ?

14. Sebutkan bagian – bagian dari sel pencium hidung !

15. Tuliskan 5 fungsi lidah manusia !

16. Jelaskan letak kuncup pengecap lidah disertai dengan gambarnya !

17. Sebutkan nama lapisan kulit yang berfungsi sebagai tempat pembentukan

pigmen (warna kulit) !

18. Apa fungsi dari lapisan kulit Stratum Germinativum ?

19. Sebutkan nama indera kulit yang berfungsi untuk tekanan !

20. Apa fungsi indera kulit Badan Krause ?


@@@ GOOD LUCK @@@

Rabu, 14 September 2011

EKOWISATA WONOREJO SURABAYA





Oleh : Mahfud

Guru Biologi YPPI Surabaya

1. Rasional

Bagi anda yang berasal dari luar kota Surabaya, biasanya tempat wisata yang dituju adalah jembatan Suramadu, Kebun Binatang Surabaya (KBS), Monumen Kapal Selam (Monkasel), Planetarium, Museum Tugu Pahlawan, Pantai Ria Kenjeran dan masih banyak yang lain. Namun bila ke pusat-pusat perbelanjaan, ada Galaxi Mall, Tunjungan Plaza, Pakuwon Trade Centre (PTC), Plaza Surabaya, Royal Plaza, City of Tomorrow (CITO) dan sebagainya. Sementara itu, ada satu tempat wisata yang barangkali orang Surabaya sendiri jarang yang tahu, yaitu Ekowisata Wonorejo Surabaya.Tempat ini berada di pantai timur Surabaya. Tepatnya di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Untuk dapat kesana, rute yang dilalui mulai jembatan MERR-C atau Kampus STIKOM ke timur melalui sekolah IPH, Kantor Taxi ORENZ, Kantor Konstruksi Baja Kalimaya Steel lalu belok kanan melalui jalan makadam tepi sungai dan akhirnya sampai di Bozem Wonorejo lalu naik perahu dengan tarif Rp. 10.000,00 / orang, maka sampailah kita ke Ekowisata Wonorejo Surabaya.

2. Fauna

Menurut Ketua Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Ekowisata Wonorejo, Bapak Joko Soewondo, kawasan ini dihuni sebanyak 137 jenis burung. Dari jumlah tersebut sebanyak 23 jenis adalah burung migran dari Siberia ke Australia atau Selandia Baru sedang sisanya burung menetap. Sementara itu, spesies endemis (asli) Wonorejo, antara lain, Sikatan Bakau (Cyornis rufigastra), Cerek Jawa (Charadrius javanicus), Bubut Jawa (Centropus negrorufous), Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), Ular Sanca (Phyton reticulates), Biawak / Nyambik (Varanus salvator), Percil Jawa (Microhyla acanthine), Ular Tambak (Cerberus rhynchops), Ikan Mujair (Areochromis tigrina), Ikan Sembilang (Euristhmus microceps), Kerang Hijau (Mytylus edulis ). Kemudian ada 2 spesies yang aneh, yaitu Kepiting (Scylla serrata) yang bercapit satu bukan karena patah tapi memang aslinya begitu dan yang satu lagi Ikan Glodok (Periopthal novemradiatus), yaitu ikan yang dapat memanjat akar pohon bakau dengan siripnya serta bentuk kepalanya menyerupai katak.

3. Flora

Sementara itu, jenis flora (vegetasi) yang ada di ekowisata Wonorejo, antara lain : Bakau (Rhizophora mucronata), Kayu Api (Avicennia alba), Pidada (Sonneratia caseolaris), Buta-buta (Excoecaria agallocha), Ketapang (Terminalia catapa), Nipah (Nypa fructicans), Waru laut (Hibiscus tilliaceus), Tanjang (Bruguiera gymnorrhiza), Nyamplung (Callophylum inophylum), Bintaro (Cerbera manghas), Akasia (Acacia auriculiformis), Asam (Tamarindus indica), Lamtoro / Petai Cina (Leucaena glauca), Gelagah (Saccharum spontaneum), dan Beringin (Ficus benyamina).

4. Penutup

Berdasarkan hasil pendataan awal di kawasan ekowisata Wonorejo Surabaya ini,maka kita mengetahui bahwa tempat ini sangat kaya akan keanekaragaman hayati baik flora maupun faunanya. Namun demikian, penulis yakin masih banyak spesies penghuni ekowisata Wonorejo ini yang belum terdata. Oleh karena itu perlu adanya penelitian dan kajian lebih lanjut. Bagaimana menurut anda ?

Minggu, 19 Juni 2011

BELAJAR DARI FENOMENA ULAT BULU

Oleh :Mahfud

Guru Biologi SMP YPPI – 2 Surabaya

Mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang. Oooh ….oooh ….oooh. Begitu kata Ebiet G. Ade dalam lagu Berita Kepada Kawan.Syair lagu Ebiet G. Ade di atas sangat relevan dengan fenomena ulat bulu saat ini. Betapa tidak ? Sebanyak 9 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo, yaitu Kecamatan Leces ada 9 desa, Bantaran ada 7 desa, Tegal Siwalan ada 11 desa, Wonomerto ada 11 desa , Sumberasih ada 3 desa, Dringu ada 3 desa, Banyuanyar ada 3 desa, Tongas ada 1 desa, dan Kuripan ada 1 desa dalam 2 pekan ini dikejutkan adanya “serangan” ulat bulu yang menyerang tanaman di tepi-tepi jalan, pohon terutama jenis mangga (Mangifera indica L.)di pekarangan,dinding-dinding rumah dan bahkan adapula yang di ruang kelas, seperti SDN IV Leces, Probolinggo ( Jawa Pos, 2 April 2011 ). Tidak sampai seminggu kota-kota lain juga mendapat serangan serupa seperti Pasuruan, Banyuwangi, Jombang, Tulungagung, Sidoarjo, Mojokerto, Kendal dan bahkan sampai Buleleng, Bali.Pertanyaan yang muncul kemudian adalah ada apa tiba-tiba muncul ulat bulu yang menghebohkan saat ini ? Tulisan ini akan membahas ulat bulu dari sisi ekologis dan pembelajaran karakter di sekolah.

Hikmah Ulat Bulu

Dengan munculnya ulat bulu yang mempunyai nama ilmiah Lymantria marginata ini ada beberapa hikmah yang dapat kita petik sebagai bahan kajian kita bersama, antara lain : 1. Ada yang salah selama ini dalam menangani alam. Kalau kita cermati munculnya hewan yang termasuk ordo ( bangsa ) Lepidoptera ( serangga bersayap sisik ) ini adalah terputusnya rantai makanan ( food chain ) dan jaring-jaring makanan ( food web ). Secara alami, bila ulat bulu makan daun mangga, maka ulat bulu sebagai konsumen I harus ada yang memangsa sebagai konsumen II. Sayangnya saat ini yang bertindak sebagai konsumen II yang menjadi predator ulat bulu jarang ditemukan kalau tidak mau dikatakan langka, seperti burung jalak Jawa(Acridotheres javanicus ), burung kutilang (Pignonotus aurigaster ), burung ciblek (Trinia familiaris), kuntul kerbau (Bubulcus ibis) dan masih banyak lagi. Akibat terputusnya rantai makanan ini inilah maka ulat bulu membludak dan akhirnya mengganggu aktivitas manusia itu sendiri. 2. Pembelajaran Karakter di sekolah. Dengan semakin gencarnya pemberitaan tentang ulat bulu ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran karakter di sekolah sebab dalam siklus hidupnya makhluk yang sedang naik daun dan suka makan daun mangga ini mengalami metamorfosis sempurna, dimulai dari telur beberapa hari lalu larva (ulat) antara 2 – 3 minggu, pupa (kepompong) sekitar 2 minggu dan fase terakhir imago (dewasa/ kupu-kupu) selama sekitar 1 bulan.Pada saat fase larva (ulat) inilah karakter ulat sangat rakus, makan terus tidak peduli milik siapa, merusak (destruktif), penampilannya menjijikkan dan bila tersentuh kulit terasa gatal dan panas.Akibat karakter yang demikian ini hampir semua makhluk Tuhan menjauhi dan membencinya, termasuk manusia. Namun, ulat yang berkarakter demikian suatu saat ia insyaf dan bertaubat dan berjanji tidak akan mengulangi (taubatan nashuha). Sebagai konsekuensinya, ia lalu berpuasa tidak makan, tidak minum, bahkan bergerakkan tidak, hanya berdo’a dan berdo’a semoga dosa-dosanya yang telah lalu diampuni oleh Tuhan. Ternyata Tuhan mengabulkan do’a ulat yang telah bertaubat ini dan setelah 2 minggu muncullah kupu-kupu yang indah dan dapat terbang kesana kemari dan membantu penyerbukan tanaman budidaya manusia.Jika ulat dijauhi dan dibenci manusia, maka kupu-kupu justru dicari dan disenangi manusia.Dengan memberikan contoh pembelajaran karakter pada ulat bulu ini kepada siswa di sekolah, logikanya jika makhluk seperti ulat saja bisa bertaubat dan berubah menjadi kupu-kupu yang baik dan berguna, apalagi kita manusia makhluk Tuhan yang paling mulia. Bagaimana menurut anda ?

Senin, 04 April 2011

YPPI FESTIVAL AJANG KREATIVITAS SISWA




Oleh : Mahfud
Humas YPPI Festival
Dalam rangka memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa baik dibidang seni maupun akademik, maka sekolah YPPI mulai TK, SD, SMP dan SMA yang berlokasi di Jl.Dharmahusada Indah Barat VI / 1 Surabaya menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk : YPPI FESTIVAL. Kegiatan tersebut diadakan selama 2 hari, yaitu hari Jum’at – Sabtu, 17 – 18 Desember 2010. Adapun kegiatannya meliputi : Lomba Mewarna dan Fashion Show tingkat TK se – Suranaya, lomba Robotic, lomba Story Telling dan Mendongeng tingkat SD se – Surabaya, lomba Fashion Design dan Web Design tingkat SMP se – Surabaya. Selain itu juga ada bazaar, pameran hasil karya siswa, penampilan seni dan budaya. Bahkan pada hari Sabtu, 18 Desember 2010, YPPI Festival kedatangan “ Guest Stars “ Sharah ( Sharah Band ), John Paul Ivan ( Eks Boomerang ), Mr. Doddy ( Shine On Blues ). Ketika John Paul Ivan tampil bersama Mr. Doddy dan Mr. Alex ( Guru Seni Musik YPPI ) suasana panggung menjadi “gemuruh” dan para kuli tinta serta penonton yang semula duduk, tiba-tiba bangkit sambil mengabadikan momen yang amat langka tersebut. Pada saat itu juga, John Paul Ivan memberi kesempatan kepada siswa –siswi YPPI untuk bertanya tentang seluk beluk masalah gitar. Pada acara tersebut mulai dari TK, SMP dan SMA YPPI mengisi acara seni dan budaya selama 2 hari tersebut, bahkan Universitas Widya Kartikapun juga menampilkan 2 tarian.Acara YPPI Festival ini juga didukung oleh : Yudhistira, Yong Ma, Djatimas, Melodia, AUTO 2000 Basuki Rachmad, Ceremix, Good Day, dan Faber Castell.