ADIWIYATA CERMIN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN
Oleh : Mahfud
Guru Biologi SMP YPPI – 2
1. Rasional
Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk suatu negara, maka semakin banyak pula Sumber Daya Alam (SDA) yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Bila hal ini berlangsung terus menerus dari generasi ke generasi, maka suatu saat nanti daya dukung lingkungan untuk mencukupi kebutuhan SDA di atas tidak akanmencukupi dan akhirnya akan mengancam kehidupan manusia itu sendiri.
2. Adiwiyata
Adiwiyata berasal dari 2 kata dalam bahasa Sansekerta, yaitu “ADI” dan “WIYATA”. Adi bermakna besar, agung, baik, ideal atau sempurna sedang Wiyata, berarti tempat seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, etika dalam kehidupan sosial.Jadi bila 2 kata tersebut digabung makna Adiwiyata adalah tempat yang baik dan ideal untuk memperoleh ilmu pengetahuan, norma, dan etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju cita – cita pembangunan yang berkelanjutan (www.menlh.go.id, 12 Juli 2007). Tujuan Program Adiwiyata ini adalah untuk menciptakan kondisi yang ideal bagi sekolah sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, siswa ) sehingga nantinya sekolah tersebut dapat bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.Sedang kegiatan utama program
3. Kriteria Penilaian
Menurut kepala Badan Penanggulangan Lingkungan Hidup (BPLH) Pemerintah Kota Surabaya, Togar Silaban, ada 4 kriteria penilaian sekolah yang berhak mendapat penghargaan Adiwiyata, yaitu : pertama, pengembangan kebijakan sekolah (40 %), kedua, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan (30%), ketiga, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif (20%), keempat, pengembangan sarana pendukung sekolah (10 %) (www.surabaya.go.id, 26 Maret 2007). Selanjutnya masing-masing kriteria dijabarkan, misalnya untuk pengembangan kebijakan sekolah yang diperlukan, antara lain : punya visi dan misi sekolah yang terkait dengan aspek lingkungan hidup, telah ada materi lingkungan hidup dalam pembelajaran di sekolah, telah ditunjuk petugas khusus dibidang lingkungan hidup bagi sekolah tersebut, ada penghematan dalam menggunakan Sumber Daya Alam (air, listrik, ATK), telah ada upaya sekolah dalam mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, adanya pengalokasian dana bagi sekolah untuk kegiatan lingkungan hidup.Kemudian untuk pengembangan kurikulum berbasis lingkungan yang diperlukan antara lain : adanya pengembangan model pembelajaran lingkungan hidup lintas mata pelajaran,adanya penambahan materi lingkungan hidup yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat misalnya,dampak negatif lumpur Lapindo,adanya penambahan materi lingkungan hidup yang berkaitan dengan budaya masyarakat, adanya kegiatan kurikuler sekolah yang berupa aksi nyata yang bertema lingkungan hidup, adanya pengembangan materi lingkungan hidup yang berkaitan dengan isu global.Sedang untuk pengembangan kegiatan berbasis partisipatif yang diperlukan antara lain : adanya kegiatan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan lingkungan hidup sekolah, adanya kegiatan lingkungan hidup yang diprakarsai sekolah telah melibatkan masyarakat sekitar, adanya keikutsertaan sekolah pada kegiatan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh pihak luar, misalnya kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh BPLK, adanya kerjasama sekolah dengan pihak luar dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup.Selanjutnya, untuk pengembangan sarana pendukung sekolah yang diperlukan, antara lain : adanya pemanfaatan sarana pendukung sekolah sebagai media pembelajaran lingkungan hidup, adanya pengelolaan sarana pendukung dan fasilitas sekolah yang ramah lingkungan, adanya upaya pengelolaan fasilitas sanitasi dalam menunjang kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, adanya upaya penghematan Sumber Daya Alam (SDA), misalnya dalam pemakaian air, listrik, alat tulis kantor, adanya upaya peningkatan pelayanan kantin sekolah dalam menunjang pengelolaan lingkungan sekolah yang sehat, dan adanya upaya pengelolaan sampah dalam menunjang kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.
4. Penutup
Dengan mencermati uraian di atas maka untuk menjadi Sekolah Peduli dan Berbasis Lingkungan kita dapat mengacu pada kriteria penilaian serta penggerak utamanya adalah wakil siswa dan guru yang telah mengikuti penyuluhan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Lingkungan Hidup yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya sehingga ke depan diharapkan Surabaya bukan saja menerima Adipura, namun juga banyak sekolah di Surabaya yang mendapat penghargaan Adiwiyata. Semoga. (mahfudyppi@yahoo.com)
27 komentar:
Karangan pak mahfud sangat bagus.karena mengandung makna tentang globlal warning.selain itu dapat menyadarkan masyarakat Surabaya atas pentingnya kota kita dan mengajarkan peduli lingkungan hidup.tetapi gambarnnya pak mahfud kurang mendukung tentang artikel yang pak mahfud buat sekian dan terima kasih.
William octavianus/7D/26.
Pak Mahfud karangannya sangat bagus krn banyak sekali ilmu yg ada di artikel Pak Mahfud tp kalau bisa tulisannya diwarnain supaya lbh bagus
Kevin.S/7D/13
Pak Mahfud artikelnya sgt bagus saya banyak belajar dr artikel tersebut kalau bs gambarnya sedikit dirubah
I.David/7D/10
Website Mr. Mahfud sangatlah bagus. selain berisi himbauan untuk mengajak murid belajar biologi secara teori, namun juga mengajak kita semua untuk menerapkan kehidupan biologi yang baik dan benar. Semua ini demi kelangsungan kehidupan di bumi yang kita cintai ini. Terima kasih.
Windy Widodo
7C/25
SMP YPPI 2
pak sangat bagus artikelnya...
he3
tapi kalau lebih baik di beri gambarnya...
terimakasih..
adrian djaja 7c 1
pak bagus sekali artikel nya
pakai gambar dunk pak
pinter nih bisa2
Karangan pak mahfud sangat bagus.karena mengandung makna tentang globlal warning.
pokoknya bgs PAK!!!
wkwkwkwk....
Chendra Maryudi
7B 4
Website & karangan2 pak Mafud sangat bgs dr karangan2 tersebeut kita dpt bljr dgn pengetahuan baru
Lisa Laurencia
7B 20
Pak, Buah tangan bapak sangat bagus banget.Setlah saya baca dengan teliti dan jelas ternyata banyak terkandung ilmu ilmu penting.
pak stlh saya membaca tulisannya bapak yg berjudul jembatan keledai dan main mapping sangat bagus dan itu bisa menambah ilmu bagi saya / orang lain
artikel pak mahfud sangat bagus.
cuma kurang gambarnya.
jadi saya agak bingung...
Felicia/7C/10
Menurut saya, artikel Pak Mahfud sangat bagus..
Semoga artikel bapak bisa bermanfaat bagi orang yang membacanya..
Terima kasih..^^
Artikel tersebut isinya bagus dan juga sangat bermakna,namun terlalu banyak sehigga terasa rumit untuk membaca..
Agar lebih terlihat menarik sebaiknya di beri gambar lebih banyak atas penjelasan2 tersebut sehingga kita lebih mengerti lagi dan juga beri warna pada tulisan agar terlihat menarik....
Sekian komentar dari saya....
Nama:Christina Angelica Halim
Kelas/No.:VII D/6
Artikel tersebut isinya bagus dan juga sangat bermakna,namun terlalu banyak sehigga terasa rumit untuk membaca..
Agar lebih terlihat menarik sebaiknya di beri gambar lebih banyak atas penjelasan2 tersebut sehingga kita lebih mengerti lagi dan juga beri warna pada tulisan agar terlihat menarik....
Sekian komentar dari saya....
Nama:Christina Angelica Halim
Kelas/No.:VII D/6
pak mahfud karangannya sudah sangat bagus tapi perlu juga di tingkatkan kembali supaya lebih bagus atau sempurna sekian terima kasih.
dari komentar saya ini,saya ingin mengatakan bahwa blog yang bapak buat sangatlah bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya banyak sekali hal-hal yang kita anggap sepele ternyata sangatlah penting. dari blog ini saya merasa Bapak mempunyai ide untuk menyampaikan informasi penting seputar kehidupan sehari-hari dan sangatlah lengkap. Maaf terlalu banyak komen di satu artikel karena saya sangat senang membaca artikel yang Bapak buat. terima kasih^~^
Pak Mahfud....
Saya salut dengan bapak karena meskipun bapak guru biologi tetapi mengerti tentang hal-hal selain biologi dan sains. Kalau saya perhatikan karangan bapak sangat bagus karena karangan bapak berisi tentang pengetahuan yang bermanfaat untuk siswa-siswi di SMP YPPI 2 serta semua orang yang membacanya . Tetapi kalau tidak keberatan akan lebih menarik jika diberi gambar untuk menjelaskan pokok bahasannya sehingga lebih menarik juga untuk dilihat dan dibaca. Saya berharap kepada Bapak Mahfud supaya tidak berhenti sampai disini untuk mengembangkan web ini karena mungkin masih banyak orang yang belum mengerti keberadaan web ini.
Sekian Terima Kasih...
Nama : Sylvia Yuanita
Kelas : 7b
No urut: 23
Blog-nya bapak sangat bagus...
he3...
artikelnya...
gambarnya keren pak!!
Hanya saja Pasanmg foto kelas 7 yang tahun 2008/2009 dong pak...
haha....
Terima kasih...
Keep smiling
Priscillia.Gratia.Yonathan/7a/18
pak........ setelah saya ramal dan terawang, ternyata blog bapak 100% top markotop dan sangat berguna sekali bagi orang banyak
wah, bpk mahfud artikelnya bagus, menarik dan amat bermanfaat! semoga semua orang bisa tertarik utk membcanya. natasha azalia, 7D/22
bagus isinya tambah gambar
pak..... gila! keren n bagus bgt looo web-sitenya..... moga" anak ppi tambah pinter dgn ini!
Pak artikelnya tambah keren pak.......
Hanya bahasa inggrisnya dicampur dengan bahasa indonesia jadi aneh pak........
T.T
Artikel-artikel yg bpk buat..sgtlah bgs...saya sgt suka...menarik sekali
Tetapi saya setuju dengan william..kurang gambarnya...
sehingga terkadang membuat saya pusing dengan tulisannya....
sekian=)
ThankS...
Nama:P.Gratia
Kelas:7A
No:18
Posting Komentar